TEST CPNS KABUPATEN TANA TIDUNG 2013

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN) telah menetapkan periode dan tahapan pelaksanaan tes bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan salah satunya adalah menempati posisi CPNS Daerah Kabupaten Tana Tidung (KTT), Kalimantan Utara.

Jika tidak ada aral, formasi CPNS untuk Kabupaten Tana Tidung sejumlah 284 Orang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tana Tidung, Iwanto mengatakan, dari jumlah yang diajukan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara sebanyak 300 CPNS, hanya 284 orang saja yang diterima KemenPAN.

Bupati KTTDrs. H. Undunsyah, M.Si selaku Bupati Kabupaten Tana Tidung dalam hal ini patut di acungi jempol, karena perhatiannya yang sangat intens akan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tana Tidung berhasil memperjuangkan formasi CPNS terbanyak di Kalimantan Utara.

Sebagaimana diketahui, dari daerah lain di Kaltara, Kabupaten Tana Tidung mendapat jatah formasi CPNS terbanyak. Coba dibandingkan dengan Kabupaten Malinau yang hanya merekrut 188 orang CPNS, Kabupaten Bulungan sebanyak 205 orang CPNS, Kabupaten Nunukan sebanyak 142 orang CPNS,  bahkan Kota Tarakan tahun ini sama sekali tidak merengkrut CPNS.

Prestasi Bupati Kabupaten Tana Tidung memang tidak dapat dipungkiri dalam hal Penataan Administrasi Pemerintahan, Penentuan Kebutuhan Pelayan Masyarakat yakni PNS dan Peningkatan Pelayanan Prima kepada seluruh lapisan Masyarakat Kabupaten Termuda di Kalimantan Utara ini. Hal inilah yang membuat masyarakat satu hati bahwa tidak ada pilihan lain selain Drs. H. Undunsyah, M.Si sebagai pemimpin Kabupaten Tana Tidung untuk dua periode, dan bagi seluruh Masyarakat Kabupaten Tana Tidung hal tersebut merupakan harga mati.

PERUBAHAN SISTEM TEST.

Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan pelaksanaan tes CPNS dibagi dalam dua metode, yaitu sistem yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) dan sistem Computer Assested Test (CAT). “Bagi yang melaksanakan sistem CAT, Tes CPNS akan dimulai pada tanggal 29 September 2013.

Syarat CPNS 2013Tes CPNS melalui sistem LJK baik dari kategori 2 maupun Pelamar Umum direncanakan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 3 November 2013.

Jadwal dan tahapan pelaksanaan tes CPNS 2013 kurang-lebihnya sebagaimana berikut :

  1. Penetapan persetujuan rincian formasi instansi : 20-30 Agustus 2013
  2. Pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS : 1-20 September 2013
  3. Pelaksanaan ujian TKD & TKB : 29 September-November 2013
  4. Pengolahaan hasil TKD & TKB : 3-4 November & 27 November-13 Desember 2013
  5. Pemberkasan dan Penetapan NIP : Minggu II Desember 2013

Sebagai tambahan, ada 19 Kementerian dan Lembaga yang telah mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan sistem CAT,” ujar Setiawan.

PERSYARATAN

Jika tidak ada perubahan, maka persyaratan untuk mengikuti Test CPNS Kabupaten Tana Tidung adalah sebagaimana berikut :

A. Persyaratan umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  7. Pelamar merupakan lulusan Sarjana, Diploma atau SMK/SMA sesuai formasi yang dilamar pada CPNS 2013

KTP KTTUntuk persyaratan kualifikasi pendidikan, Izajah dan nilai IPK ini berbeda-beda di masing-masing instansi. Setiap instansi menetapkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi yang mungkin berbeda dengan instansi lain. Ssebagai contoh persyaratan kualifikasi pendidikan sebagai syarat pendaftaran CPNS adalah :

  • Untuk formasi Sarjana dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Untuk formasi Diploma Pelayaran dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Untuk formasi Diploma Umum dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Untuk formasi SMK Pelayaran dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
  • Untuk formasi SMK Umum dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
  • Contoh persyaratan IPK ini adalah contoh syarat pendaftaran CPNS saja, dapat berubah sesuai kebijakan lain.

B. Persyaratan usiasyarat

Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah yakni :

  • Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk Sarjana S-1;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk Diploma Pelayaran;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk Diploma Umum;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk SMK Pelayaran;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk SMK Umum.

C. Persyaratan berkas

  1. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm dan 4×6
  2. Materai 6000
  3. Mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat
  4. Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku
  5. Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri
  6. Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar/Surat Tanda Kelulusan dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir
  7. Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib menyertakan Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilegalisir
  8. Surat Keterangan Dokter (asli) terbaru yang menyatakan sehat (selama tiga bulan terakhir);
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (asli) yang masih berlaku;
  10. Berbagai macam Surat Pernyataan yang nantinya dapat diunduh kemudian ditempel materai Rp.6.000,00 dan ditandatangani;
  11. Sertifikat keahlian bagi jurusan tertentu sesuai formasi yang dilamar.

menpan2Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Abubakar mengungkapkan, pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur Pelamar Umum tahun 2014 wajib menerapkan sistem CAT.Menteri mengharapkan seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem CAT dimaksud.

Diungkapkan, untuk pelaksanaan test CPNS dari jalur umum tahun 2013 ini masih menggunakan sistem kombinasi, yakni lembar jawaban computer (LJK) dan CAT.Pihaknya berharap agar kementerian, lembaga serta pemerintah daerah yang sudah siap dapat menerapkan sistem CAT.Menurut Azwar, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi CPNS yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta tidak dipungut biaya.

Dari hasil Rakor Pengadaan CPNS Tahun 2013 yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta tanggal 18 Juli 2013, disepakati bahwa pelaksanaan seleksi CPNS dari pelamar umum tahun 2013 dilakukan secara kombinasi, yakni dapat dengan sistem CAT atau dengan sistem LJK.

BUPATI KABUPATEN TANA TIDUNG

Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) Drs H. Undunsyah MSi berharap kepada seluruh Peserta Test CPNS, bahwa mereka yang diterima jadi CPNS di KTT harus mempunyai rasa memiliki, tanggung jawab dan integritas yang tinggi terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas mereka sebagai Pelayan Masyarakat Seluruh Kabupaten Tana Tidung.

Bpk BupatiMengingat tugas-tugas pemerintah daerah, saat ini dan mendatang akan semakin meningkat yang perlu penanganan dan penyelesaian yang cepat dan akurat. Selain itu mereka yang seyogyanya lulus CPNS diharapkan dapat menjadi aparatur yang mampu menjaga kekompakan dan kerja sama yang baik diiringi dengan komitmen dan knowledge sharing, sehingga dapat menciptakan sinergitas organisasi. “jika sudah jadi CPNS nanti, jaga pergaulan, karena itu bisa dijadikan salah satu cara  menghindarkan diri dari segala perbuatan tercela. Mungkin sulit tapi itulah salah satu cara untuk menjadi contoh atau teladan yang baik dalam mewujudkan kinerja yang berdisiplin dan tegas,”.

jamhorOleh karena itu, Jamhor, Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional dengan nomor urut 2 Dapil II Kabupaten Tana Tidung, sebagai tokoh masyarakat & pemuda yang sangat dikagumi karena Kecerdasan, Kesederhanaan dan dikenal Jujur serta Amanah memberi kiat sederhana agar dapat lulus Test CPNS Daerah Kabupaten Tana Tidung :

  1. Berdoa Kepada ALLAH AZZA WA JALLA
  2. Memohon Doa terutama dari Orang Tua dan sanak saudara
  3. Belajar dengan materi yang tepat dan efektif
  4. Persiapkan materi, pelajari soal tahun2 kemarin, perbanyak pengetahuan umum atau berita aktual melalui media baik televisi, koran maupun internet (positif). Coba buat analisa sendiri mengenai type soal.
  5. Persiapan Test Kompetensi Bidang, pelajari karakteristik, seluk beluk instansi yang dilamar, peraturan atau UU yang menyangkut kebijakan yang berhubungan instansi tersebut.
  6. Menjaga kesehatan tubuh dan psikis.

Salam Hangat, JAMHOR.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s